Skip to main content

Peta Rute Perjalanan Marco Polo

Marco Polo merupakan penjelajah Venesia yang tiba di Perairan Asia Tenggara abad 13 M. Negeri-negeri mana saja yang dijalaninya.

Peta Rute Marco Polo Di Asia Tenggara

Marco Polo menyinggahi negara-negara besar di Asia Tenggara saat itu, yakni dari Zai-tun (Kanton) Cina Selatan, Ziamba (Campa), Java (Kalimantan), Lochac (Siam/Tambralingga/Nagara Sri Dharmaraja/Tanah Genting), Pentan (Bintan Melayu) dan Java Minor.

Peta Nagara Sridhamaraja

Lochac disangka Lavo dan Kamboja karena berita yang menyebutkan ada bangunan yang disangka Angkor Wat, padahal adalah Wat Phra Mahathat Voramahavihan yang dibangun oleh Chandrabhanu Sridhamaraja dari Patama Vamsa (Dinasti Teratai/Lotus).

Peta Malayu dan Bintan

Marco Polo menyebutkan malaiur yang sering disangka Jambi. Padahal adalah Singapura.

Peta Java Minor

Ada 8 negeri di Java Minor menurut Marco Polo. 6 di antaranya dikunjunginya. Negeri-negeri tersebut berturut-turut adalah Felech, Basman, Samara, Dragoian, Lambri. Fanvur. Tetapi rute ke Fansur tidak disebutkan.

Comments

Popular posts from this blog

Marga Sitorus

Marga Sitorus menelurkan orang-orang yang hebat di antaranya Dr. Raja Sutan D.L. Sitorus (pengusaha sekaligus pendiri Partai Peduli Rakyat Nasional) dan H. Khairuddinsyah Sitorus,SE (Bupati Labuhan Batu Utara). Secara etnografis, marga Sitorus merupakan marga Batak. Bagaimana riwayat Marga Sitorus ini?

Suku Tambak

Tambak merupakan suku di Sumatera Utara. Suku ini konon adalah pemilik ulayat di Kotapinang dan bagian Padang Lawas yang berbatasan dengan Kotapinang. Suku ini merupakan salah satu dari dua suku Kotapinang yang dijumpai oleh Batara Sinombah.Selain itu, juga terdapat di Simalungun dan Karo.Di Simalungun masuk ke dalam marga Purba (Purba Tambak), di Karo Tarigan (Tarigan Tambak). Secara etnografis, suku Tambak masuk dalam tiga sukubangsa yakni Melayu, Karo dan Simalungun.

Marga Pulungan

Pada prinsipnya ada empat marga di tanah Mandailing. Di antara keempat marga tersebut, marga Pulungan merupakan marga yang pertama mendiami tanah Mandailing, disusul Rangkuti, Lubis dan Nasution.Beberapa kelompok marga lain, yakni Batubara dan Rambe datang lebih belakangan.

Rumpun Bahasa Batang Hari Hilir

Tempat asal Melayu dan Sriwijaya senantiasa diperdebatkan. Palembang, Jambi dan Riau adalah tiga daerah yang selalu disebut-sebut. Jambi, konon merupakan pusat Kerajaan Melayu Tua dan kemudian Dharmasyraya.Sebagai daerah bekas pusat Melayu, bagaimana bahasa Melayu di Jambi?

Share Like