Skip to main content

Genetika Oseania

Bulan ini terjadi penembakan yang dikabarkan menewaskan 31 orang pekerja di Nduga, Papua. Penembakan diduga dilakukan oleh separatis Papua. Separatis Papua mengklaim bahwa mereka bagian dari bangsa Melanesia yang berbeda dengan bangsa Indonesia. Bagaimana menurut kajian ilmiah?


Hubungan Bahasa

Kaitan bangsa Papua dengan Indonesia selama ini dideskripsikan melalui kajian linguistik, di mana umumnya bahasa yang digunakan adalah tergolong rumpun Malayu Polinesia. Namun demikian, diketahui bahwa beberapa golongan bahasa Papua diusulkan menjadi rumpun bahasa tersendiri.
Menurut kajian bahasa, penduduk Papua terbagi atas beberapa gelombang generasi, dari gelombang Australian (Sepik-Ramu),gelombang Papuan (West Papuan, East Papuan, Torricelli) dan gelombang Austronesian (keluarga Trans-New Guinea).

Genetika Papua

Secara genetika, Papua terdiri dari tiga genetika parental utama, yakni :
  1. Papua - Melanesia
  2. Oseaniak
  3. Austronesia

Papua - Melanesia

Asal usul Papua Melanesia masih belum dapat ditentukan,ada dugaan di Asia Tenggara tetapi ada juga indikasi dari Oseania sendiri, tetapi diduga kuat merupakan pecahan dari Proto-Australia. Secara genetika, merupakan haplogroup K2b1 yang selanjutnya menurunkan y-DNA haplogroup S dan y-DNA haplogroup M. Haplogroup S merupakan haplogroup Papua dengan konsenstrasi tertinggi Dataran Tinggi Papua Nugini, diikuti Nugini Timur, pesisir Nugini, Maluku, Timor Timur, Flores. Dengan kadar kecil ditemui pada masyarakat Polinesia, Bali, Sulawesi, Jawa, Melayu. Haplogroup S terbagi 2 golongan

  1. S1 pada masyarakat Papua, Indonesia Timur dan Bajo Filipina.
  2. S2 pada masyarakat Aeta (Filipina), Melayu dan Jawa. 
Haplogroup M merupakan haplogroup Melanesia dengan konsentrasi tertinggi pada masyarakat Nugini Barat, diikuti Melanesia, Kepulauan Nugini, Fiji, Vanuatu, Papua Barat, Maluku, Indonesia Timur, Bali.
Haplogroup M terbagi tiga kelompok, yakni :

  1. M1 Papua Nugini dan Aborigin Australia Utara
  2. M2 Papua Nugini dan 
  3. M3 Melanesia.

Oseanik

Masyarakat Oseanik hingga kini belum dapat ditentukan asal usulnya, dugaaan sementara di wikipedia adalah Asia Selatan.Oseanik terbagi dua, yakni :

  1. Oseanik Kutub (C2) dan 
  2. Oseanik Tropik (C1).

 Oseanik Kutub merupakan y-DNA masyarakat Mongolia, Tungus, Nadene dan pribumi Amerika. Oseanik Tropik terbagi dua, yakni : C1a (Jepang dan Iberia), C1b:Asia Selatan dan Tenggara. Di Asia Tenggara, kelompok Oseanik, dapat digolongkan :

  1. C1b1a2 : Lebbos (Indonesia), Murats (Brunei), Aetas (Filipina)
  2. C1b1b : Dusun (Brunei)
  3. C1b2a1a : Kepulauan Pasifik
  4. C1b2a1c : Koinambe (Papua)
  5. C1b2a1d : Bajo (Indonesia)
  6. C1b2a3 : Bajo (Indonesia)
  7. C1b2b : Aborigin (Australia)
Konsentrasi tertinggi Oseanik adalah pada masyarakat Samoa, Kepulauan Solomon, Polynesia, Flores, Aborigin Australia, Micronesia.

Austronesian

Austronesia merupakan salah satu kelompok yang diperkirakan berasal dari Asia Tenggara. Merupakan pecahan dari K2a yang menjelma menjadi N (Laut Baltik, Finlandia) dan O (Asia Timur dan Tenggara). O kemudian berkembang menjadi O1 (Asia Tenggara dan Oseania) dan O2 (Asia Timur).
Di Oseania, konsentrasi Austronesia tertinggi di Tonga, disusul Tuvalu, Trobriands, Polinesia Prancis, Samoa, Solomon, Polinesia secara umum, Timor Timur, Maluku, Fiji, Indonesia Timur, Micronesia, Melanesia, Flores, Kepulauan Papua dan hampir seluruh masyarakat Oseania Australia, kecuali penutur bahasa Arnhem Land (Australia).

Comments

Popular posts from this blog

Marga Sitorus

Marga Sitorus menelurkan orang-orang yang hebat di antaranya Dr. Raja Sutan D.L. Sitorus (pengusaha sekaligus pendiri Partai Peduli Rakyat Nasional) dan H. Khairuddinsyah Sitorus,SE (Bupati Labuhan Batu Utara). Secara etnografis, marga Sitorus merupakan marga Batak. Bagaimana riwayat Marga Sitorus ini?

Marga Pulungan

Pada prinsipnya ada empat marga di tanah Mandailing. Di antara keempat marga tersebut, marga Pulungan merupakan marga yang pertama mendiami tanah Mandailing, disusul Rangkuti, Lubis dan Nasution.Beberapa kelompok marga lain, yakni Batubara dan Rambe datang lebih belakangan.

Marga Siregar

Suku/marga Siregar merupakan marga yang mendominasi wilayah Angkola, Sipirok dan Padang Lawas. Siregar dipercaya adalah kula Batak varna Ksatria dari JATI CHANDRAWANGSA (Dinasti Bulan) gotra LONTUNG.

Share Like