Skip to main content

Marga Pelepat

Pelepat adalah marga yang terletak di Kabupaten Bungo. Dalam Peta Belanda tahun 1910 disebut Rantau Keloyang. Dalam masyarakat disebut Kampung Kasang, dusun tuo yang ditinggalkan.

Puyang Marga

Puyang Marga Pelepat adalah tiga bersaudara, yakni :
  1. Rio Anum
  2. Rio Pamuncak
  3. Rio Mandaliko

Perbatasan Marga

Marga Pelepat berbatasan dengan marga-marga:
  1. Marga Bilangan V
  2. Marga III Ulu
  3. Marga Batin III
  4. Marga Batin II Babeko
  5. Marga Petajin Ulu
  6. Marga Tabir
  7. Marga Muara Kibul
  8. Marga Kibul

Dusun-Dusun

Dusun-dusun yang termasuk Marga Pelepat adalah :
  1. Dusun-dusun kakak adik : Dusun Danau, Dusun Senamat dan Dusun Sungai Gurun
  2. Dusun-dusun Rio Anum : Dusun Kotojayo
  3. Dusun-dusun Rio Mandaliko : Dusun Rantau Keloyang dan Dusun Lubuk Telau
  4. Dusun Senamat meliputi : Bukit Telago, Sekampil dan Sungai Berajo

Perkembangan Marga

Dusun Batu Kerbau dan Dusun Lubuk Telau yang mengaku berpuyang Datuk Senaro Putih dijadikan hutan adat. Marga Pelepat kemudian menjadi Kecamatan Pelepat yang kemudian dimekarkan menjadi Kecamatan Pelepat dan Kecamatan Pelepat Ilir. Dusun Sekampil, Bukit Telago, Sungai Gurun, Rantau Keloyang termasuk kedalam kecamatan Pelepat. Sedangkan Dusun Danau, Dusun Kotojayo termasuk kedalam Marga Pelepat Ilir.

Comments

Popular posts from this blog

Marga Pulungan

Pada prinsipnya ada empat marga di tanah Mandailing. Di antara keempat marga tersebut, marga Pulungan merupakan marga yang pertama mendiami tanah Mandailing, disusul Rangkuti, Lubis dan Nasution.Beberapa kelompok marga lain, yakni Batubara dan Rambe datang lebih belakangan.

Marga Sitorus

Marga Sitorus menelurkan orang-orang yang hebat di antaranya Dr. Raja Sutan D.L. Sitorus (pengusaha sekaligus pendiri Partai Peduli Rakyat Nasional) dan H. Khairuddinsyah Sitorus,SE (Bupati Labuhan Batu Utara). Secara etnografis, marga Sitorus merupakan marga Batak. Bagaimana riwayat Marga Sitorus ini?

Marga Lubis

Marga Lubis merupakan salah satu dari empat marga terbesar di eks kabupaten Tapanuli Selatan. Ada spekulasi bahwa Siregar adalah murni eksodus Batak, sementara 3 marga besar dan sejumlah marga kecil lainnya berasal dari suku asli, yakni Lubis dari suku Lubu, Harahap dari suku Ulu dan Nasution dari campuran orang-orang pesisir berbahasa Minangkabau dialek pesisir. Pendapat lain, Lubis adalah kula batak varna Ksatria dari Jati CHANDRAWANGSA (Dinasti Bulan) gotra Borbor. Bagaimana riwayat penyebaran etnografis Marga Lubis?.

Silsilah Sailendra dan Pandya

Asal usul Sailendra dipertanyakan, ada yang menduga dari India, dari Kamboja dan dari Sumatera asli. Pendapat dari nusantara asli karena dalam prasasti-prasastinya menggunakan campuran bahasa Melayu Kuno, Jawa Kuno dan Sanskerta.

Share Like