Skip to main content

Kerajaan Suvarnadwipa

Salah satu kerajaan besar di Sumatera yang diketahui adalah Kerajaan Suvarnadwipa dengan rajanya Balaputradewa. Keberadaan kerajaan ini tercatat dalam prasasti Nalanda.


Bala Putra Dewa

Prasasti Nalanda ditemukan di Bihar, ditulis pada tahun 860 M. Menurut prasasti, Balaputradeva adalah maharaja Suvarnadwipa yang membangun biara Budha di Nalanda. Balaputradeva adalah putra dari raja Yavabhumi dari Dinasti Sailendra. Ibunya Tara, merupakan putri dari Dharmasetu, raja besar dari Chandrawangsa (Lunar Race).


Ibukota Suvarnadwipa

Suvarnadwipa telah disepakati sebagai Pulau Emas (Sumatera). Tetapi, di manakah ibukotanya, prasasti Nalanda tidak menyebutkannya. Sebagai kerajaan Budha, tentunya Suvarnadwipa memiliki kompleks percandian Budha yang besar.

Saat ini di Sumatera diketahui ada beberapa komplek candi Budha besar, yakni :
  1. Kompleks Candi Bahal di Padang Lawas Sumatera Utara. percandian ini dibangun pada abad 11 M sehingga kemungkinan sebagai ibukota Suvarnadwipa sangat tipis.
  2. Kompleks Candi Muaro Jambi. Sama halnya dengan percandian Bahal, dibangun pada abad 11 m, sehingga kemungkinan sebagai ibukota Suvarnadwipa juga tipis.
  3. Kompleks Candi Muara Takus Riau. Candi ini masih jadi perdebatan yakni ada yang mengatakan abad 11 M, sebaliknya ada pula yang menyebut abad 4, abad 7 dan abad 9 M.
Dari ketiga kompleks Candi Budha tersebut, Muara Takuslah yang merupakan kandidat kuat ibukota Suvarnadwipa apalagi mengingat tidak terlalu jauh dari pusat megalithikum Mahat - Limapuluh dan didampingi pusat-pusat percandian Sintung - Rokan , Bahal Padang Lawas, Candi Koto Rao dan Biaro-Biaro di Tanah Datar.

Comments

Popular posts from this blog

Marga Sitorus

Marga Sitorus menelurkan orang-orang yang hebat di antaranya Dr. Raja Sutan D.L. Sitorus (pengusaha sekaligus pendiri Partai Peduli Rakyat Nasional) dan H. Khairuddinsyah Sitorus,SE (Bupati Labuhan Batu Utara). Secara etnografis, marga Sitorus merupakan marga Batak. Bagaimana riwayat Marga Sitorus ini?

Marga Pulungan

Pada prinsipnya ada empat marga di tanah Mandailing. Di antara keempat marga tersebut, marga Pulungan merupakan marga yang pertama mendiami tanah Mandailing, disusul Rangkuti, Lubis dan Nasution.Beberapa kelompok marga lain, yakni Batubara dan Rambe datang lebih belakangan.

Marga Siregar

Suku/marga Siregar merupakan marga yang mendominasi wilayah Angkola, Sipirok dan Padang Lawas. Siregar dipercaya adalah kula Batak varna Ksatria dari JATI CHANDRAWANGSA (Dinasti Bulan) gotra LONTUNG.

Share Like