Skip to main content

Sungai Air Sirah dan Sungai Air Merah

Air Sirah adalah sungai di Indrapura Pesisir Selatan.Sementara Air Merah adalah Sungai di Panai Labuhan Batu. Nama Air Merah adalah nama lain dari Kesultanan Panai. Adakah hubungan keduanya?

Muara Patontang dan Muara Patomuan

Negeri Air Merah atau Panai pada masyarakat Rokan dan Tambusai dikenal juga sebagai Negeri Haru. Menurut Sulalatus Salatin, asal usul raja rokan dan haru adalah sebagai berikut :
  1. Raja Haru Maharaja Diraja adalah anak Sultan Sujak yang turun daripada batu hulu dikata hilir dan batu hilir dikata hulu.Artinya, dari daerah yang bertentangan hulu dan hilirnya.
  2. Raja Rokan adalah anak Sultan Sidi saudara dari Sultan Sujak, artinya Raja Rokan adalah sepupu dari Raja Haru
Keadaan Sujak tersebut yang bertentangan seperti Muara Patontang, suatu tempat yang diwasiatkan untuk dicari oleh Namora Pande Bosi kepada anak-anaknya, suatu tempat yang istimewa menurutnya seperti juga Muara Patomuan.Muara Patontang adalah daerah di Kotanopan Mandailing. Mandailing adalah kerajaan yang dekat dengan Haru sebagaimana dinyatakan dalam Negarakertagama, sementara Namora Pande Bosi adalah raja yang dianggap memiliki ulayat di Mandailing.

Muara Tais

Menurut Asal Usul Raja dan Rakyat Rokan:Abdullah Scrijive, Sultan Rajo Sidi adalah Raja Muara Tais ayah dari Rajo Mudo suami Puti Sari Bulan saudara Sutan Seri Alam

Raja Rokan pertama menurut Tambo Rokan adalah Julat Jarohsyah gelar Sultan Sri Alam anak dari Putri Sangka Puja (Putri Sangka Bulan) dari Koto Banio Tinggi Rao, merupakan anak pertama dari 6 saudara laki-laki dan 1 perempuan (Sutan Seri Alam, Sutan Sakti Alam, Sutan Alam Perkasa, Sutan Indra Sakti, Sutan Cahaya Mangindra, Sutan Indra Cahaya dan Putri Sari Bulan). Beliau merupakan ayah dari Tengku Panglima Raja yang bergelar Tengku Raja Rokan. Tengku Raja Rokan merupakan raja yang berhasil mengembangkan Rokan dengan datangnya :
  1. Suku Melayu dari Padang Panjang, yang pindah ke Rao dan sebagian pindah ke Rokan
  2. Suku Mandailing dan Suku Mais dari Koto Benio Tinggi, yang pindah ke Petok, dan sebagian pindah ke Rokan
  3. Suku Petopang dan Suku Bendang dari Muara Tais
  4. Suku Piliang dari Padang Panjang, sebagian tinggal di Petok, sebagian tinggal di Lubuk Sikaping, sebagian tinggal di Langsat Kodok Rao sebagian sampai ke Rokan
  5. Suku Caniago dari Padang Panjang turun ke Rao kemudian ke Rokan
Menurut peneliti asal usul nama Negeri Pasaman, Muara Tais dahulunya dihuni oleh orang Batak Kuno. Dengan datangnya orang Minang, mereka kemudian meninggalkan kampung tersebut. Di daerah Angkola, ada nama negeri Muara Tais, kemungkinan Negeri Muara Tais inilah pindahan dari Muara Tais Rao.

Inderapura, Panai, Pasaman, Rao, Mandailing, Barus dan Haru

Indera Pura merupakan kesultanan besar di pesisir Barat Sumatera. Banyak negeri yang menyebutkan asal usulnya dari kerajaan ini. Misalnya :
  1. Orang Sungai Tenang Merangin menyatakan asal usulnya dari Indrapura
  2. Lembaga Depati Empat Kerinci memiliki hubungan dengan Indrapura
  3. Indrapura mempengaruhi Empat Petulai Rejang
  4. Sekala Berak Empat Paksi berasal dari Indrapura
  5. Raja Muko-Muko dan Ketahun Bengkulu dari Indrapura
  6. Cindur Mato mendirikan Singkil Aceh
  7. Kerajaan Natal berasal dari Indrapura
  8. Kerajaan Indrapura pernah menguasai Padang
  9. Raja Barus Tapanuli merupakan pindahan dari Tarusan merupakan keturunan Kesultanan Indrapura
  10. Raja Sujak adalah turunan dari Pasaman yang turun dari Indrapura
  11. Indrapura merupakan penguasa pesisir Barus / Baruih sebelum turunnya orang-orang dari Kubung Tigobaleh dan orang-orang Panai, Kampai, Melayu dan Tigo Lareh dari Sungai Pagu Batang Hari ke Bandar Sepuluh
  12. Putri Sangkar Bulan dari Rao adalah orang Panai
  13. Rangkuti di Mandailing adalah dari Panai

Muara Pertemuan Indrapura dan Muara Patomuan Mandailing

Ada persamaan Mandailing dengan Indrapura. Pusat Pakantan adalah Muara Patomuan Batang Gadis dengan Batang Pungkut. Kedua sungai ini memiliki arti erat bagi masyarakat Rao dan Rokan. Batang Gadis identik dengan Mandailing salah satu Suku Rao dan Rokan, begitu pula Pungkut yang juga merupakan salah satu suku Rao dan Rokan.

Putra Namora Pande Bosi yang menguasai wilayah tersebut disebutkan beribukan Suku Lubu, yang juga konon merupakan bagian dari etnis asal Rao yang mempertahankan kepercayaan lama. Suku-suku pada etnis Lubu sama dengan suku-suku pada masyarakat Rao dan Rokan.

Ibukota Indrapura pun berada di Muara Pertemuan, yakni Muara Air Sirah dan Muara Sungai Bantaian.

Sungai Air Sirah dan Sungai Air Merah

Masyarakat Rokan menyebut Haru identik dengan Air Merah. Ini adalah nama lain dari Panai Labuhan Batu. Kerajaan Haru identik dengan Kerajaan Air Merah dan Kesultanan Panai.

Air Sirah memiliki nama yang sama dengan Air Merah.

Comments

Popular posts from this blog

Marga Sitorus

Marga Sitorus menelurkan orang-orang yang hebat di antaranya Dr. Raja Sutan D.L. Sitorus (pengusaha sekaligus pendiri Partai Peduli Rakyat Nasional) dan H. Khairuddinsyah Sitorus,SE (Bupati Labuhan Batu Utara). Secara etnografis, marga Sitorus merupakan marga Batak. Bagaimana riwayat Marga Sitorus ini?

Marga Pulungan

Pada prinsipnya ada empat marga di tanah Mandailing. Di antara keempat marga tersebut, marga Pulungan merupakan marga yang pertama mendiami tanah Mandailing, disusul Rangkuti, Lubis dan Nasution.Beberapa kelompok marga lain, yakni Batubara dan Rambe datang lebih belakangan.

Marga Siregar

Suku/marga Siregar merupakan marga yang mendominasi wilayah Angkola, Sipirok dan Padang Lawas. Siregar dipercaya adalah kula Batak varna Ksatria dari JATI CHANDRAWANGSA (Dinasti Bulan) gotra LONTUNG.

Share Like