Skip to main content

Kampung Naga Saribu

Ada banyak silsilah tentang marga Harahap di antaranya Harahap yang merupakan putera Rimbang Saudara. Tetapi, kebanyakan orang-orang Marga Harahap sendiri menulis awal marganya dari Ompu Raja Sodungdangon di Nagasaribu.


Silsilah Marga Harahap

Ompu Raja Guru Sodundangon di Nagasaribu dianggap merupakan penurun pertama Marga Harahap. Silsilahnya :
Generasi Pertama: Ompu Raja Guru Sodungdangon di Nagasaribu Generasi Kedua :
  • Datu Dalu dengan isteri boru Pasaribu
  • Sahang Maima dengan isteri boru Lubis
Generasi Ketiga : Keturunan Datu Dalu dengan isteri boru Pasaribu
  • Datu Tala Harahap
  • Siaji Malim Harahap di Sibatang Kayu
  • Sarumbosi yang pergi ke Muara beristri boru Pasaribu
Generasi Keempat :Keturunan Siaji Malim Harahap di Sibatang Kayu :
  • Datu Dalu Ni Bagana di Naga Marsuncang
  • Tuan Datu Singar
Generasi Kelima : Keturunan Datu Dalu Ni Bagana di Marsuncang : Ompu Sodogoron Generasi Keenam : Keturunan Ompu Sodogoron :
  • Raja Imbang Desa di Pijorkoling, dekat Padang Sidempuan
  • Tunggal Huajan di Pargarutan, dekat Padang Sidempuan
  • Ompu Sarudak di Huta Imbaru, dekat Padang Sidempuan
  • Bangun di Batari di Losung Batu, dekat Padang Sidempuan
  • Bangun di Babuat di Hanopan Angkola
  • Hasuhutan Maujalo di Sidangkal Angkola
Keenam keturunan Sodogoron inilah yang banyak dinisbatkan ke marga Harahap, yang mana generasi tahun 2000an adalah generasi ke-25 dari generasi pertama.

Kampung Naga Saribu

Di manakah kampung Naga Saribu tempat Raja Guru Sodungdangon? Ada beberapa nama Kampung Naga Saribu, yakni :
  • Naga Saribu, Padang Bolak
  • Naga Saribu, Lintong Ni Huta Humbang
  • Naga Saribu, Silima Huta

Naga Saribu Lintong Ni Huta Humbang

Nama Kampung Naga Saribu Lintong Ni Huta digunakan karena konon kampung ini dihuni naga yang berkaki seribu, yang menjaga kampung tersebut dari serangan musuh. Saat ini kampung tersebut dihuni oleh Toga Sihombing yang berasal dari tanah tipang yang kemudian hijrah ke negeri Lintong ni Huta dan Siborong-borong. Toga Sihombing lahir 500 tahun lalu dari Si Raja Sumba yang memiliki 4 (empat) anak yakni Borsak Mangatasi Silaban, Borsak Sirumonggur Lumbantoruan, Borsak Mangatasi Nababan dan Borsak Bimbinan Hutasoit. Tidak ada catatan sejarah Harahap di sini saat ini.

Naga Saribu Silima Huta

Kampung ini sekarang termasuk ke dalam Kabupaten Simalungun. Kampung ini merupakan kerajaan Silima Huta yang didirikan Girsang dengan menggabungkan lima kampung, yakni : Rakutbesi,Dolog Panribuan, Saribu Jandi, Mardingding, dan Nagamariah.Marga Girsang mengalami pemekaran menjadi Girsang Jabu Bolon, Girsang Nagodang, Girsang Parhara, Girsang Rumah Parik dan Girsang Rumah Bolon. Sebagian Girsang pindah ke Karo menjadi Tarigan Girsang. Sementara itu Purba Silangit bergabung dengan Girsang menjadi Girsang Silangit.

Tanah ini mulanya ulayat merga Sinaga, yakni Tuan Naga Mariah yang menikahkan puterinya sebagai tanda terima kasih atas bantuan Girsang yang merupakan keturunan beru Manik puteri Raja Mandida Manik Pakpak Suak Pegagan yang memiliki keahlian meramu obat sehingga digelari Datu Parulas dan menyumpit sehingga digelari Datu Parultop.

Tidak jelas hubungan kampung ini dengan marga Harahap. Naga Saribusendiri berkemungkinan adalah kombinasi dari Naga Mariah dan Saribu Jandi.

Naga Saribu Padang Bolak

Kampung ini terletak di dekat Sungai Sirumambe Padang Bolak, berdekatan dengan Desa Bangunpurba yang memiliki banyak situs bersejarah. Apakah ini kampung pertama marga Harahap atau kampung baru setelah Naga Saribu Humbang ditinggalkan?

Comments

Popular posts from this blog

Marga Sitorus

Marga Sitorus menelurkan orang-orang yang hebat di antaranya Dr. Raja Sutan D.L. Sitorus (pengusaha sekaligus pendiri Partai Peduli Rakyat Nasional) dan H. Khairuddinsyah Sitorus,SE (Bupati Labuhan Batu Utara). Secara etnografis, marga Sitorus merupakan marga Batak. Bagaimana riwayat Marga Sitorus ini?

Marga Pulungan

Pada prinsipnya ada empat marga di tanah Mandailing. Di antara keempat marga tersebut, marga Pulungan merupakan marga yang pertama mendiami tanah Mandailing, disusul Rangkuti, Lubis dan Nasution.Beberapa kelompok marga lain, yakni Batubara dan Rambe datang lebih belakangan.

Marga Siregar

Suku/marga Siregar merupakan marga yang mendominasi wilayah Angkola, Sipirok dan Padang Lawas. Siregar dipercaya adalah kula Batak varna Ksatria dari JATI CHANDRAWANGSA (Dinasti Bulan) gotra LONTUNG.

Share Like