Skip to main content

Rumpun Bahasa Austro Asiatik

Orang Indonesia secara umum tergolong kepada bangsa Austronesia yang merupakan bagian dari masyarakat Austrik. Cabang lain dari bangsa Austrik adalah Austro-asiatik. Austro Asiatik adalah cabang bangsa Austrik yang mendiami daratan Asia Tenggara.


Klasifikasi Bahasa

Bahasa Austro Asiatik merupakan bahasa yang diturunkan dari bahasa Proto Mon-Khmer, yang saat ini terbagi atas 13 cabang, yakni :
  1. Munda, yang dituturkan bangsa Austro Asiatik di barat Khasic (bagian Asia Tenggara dari India/Bangladesh : Bangladesh, India Timur dan India Tengah)
  2. Khasic/Palaungic, adalah bahasa yang dituturkan oleh bangsa di timur bangsa Munda, (Meghalaya :India Timur Laut dan daerah-daerah Bangladesh yang berbatasan)
  3. Khmuic, adalah bangsa yang tinggal di Xishuangbanna, Yunnan dan meluas ke utara Laos (Luang Prabang, Phongsaly,Oudomxay, Bokeo dan Luangnamtha), Provinsi Nan Thailand dan Vietnam
  4. Pakanic atau Mangic atau Palyu, adalah bahasa yang dituturkan di Vietnam Utara dan Cina Selatan
  5. Vietic, grup bahasa di mana bahasa Vietnam tergolong
  6. Katuic, grup bahasa yang dituturkan oleh masyarakat di Laos Tengah, Laos Timur, Vietnam Tengah dan Propinsi Surin, Sisaket, Thailand Timur
  7. Bahnaric, grup bahasa yang berada di utara penutur Khmer dan Champa di Vietnam, Laos dan Kamboja
  8. Khmer, adalah bahasa yang dituturkan mayoritas masyarakat Kamboja
  9. Pearic, dituturkan masyarakat di barat Kamboja dan tenggara Thailand
  10. Nicobarese, dituturkan masyarakat Kepulauan Nikobar, kepulauan di utara Sumatera
  11. Aslian, dituturkan masyarakat etnis-etnis Asli Malaysia
  12. Monic, dituturkan masyarakat Nyah Kur, penerus kerajaan Dwarawati Thailand, dan masyarakat Mun di Pegu/Bago/Hanthawaddy Birma


Riwayat Bahasa Mun

Peiros,2004, mengasumsikan Proto Austro-Asiatik terbentuk 6.300 SM. Proto Munda - Mon Khmer memisahkan diri 4.600 SM, sementara Bahasa-Bahasa Nicobar baru berkembang dari Proto Austro Asiatik 1.710 SM. Munda berkembang dari Proto Munda - Mon Khmer 1.980 SM. Proto Mon-Khmer sendiri telah terbentuk 4.280 SM. Khasi terpisah dari rumpun Mon Khmer, sementara cabang Mon-Khmer lainnya terpisah pada 3.950 SM menjadi Mon Khmer Utara (meliputi Khmuic dan Palaung Wa), Vietic, Mangic dan Mon Khmer Tengah. Mon Khmer tengah kemudian Pearic, Khmer dan kelompok Proto Aslian - Monic. Proto Aslian - Monic berkembang menjadi Aslian dan Proto Monic Katuic. Proto Monic Katuic jadi Mon dan Proto Katuic - Bahnaric. Proto Katuic Bahnaric menjadi Katuic dan Bahnaric.
Austro Asiatic merupakan bahasa yang dituturkan masyarakat yang pertama mendiami daratan Asia Tenggara meliputi Munda dan Khasi yang digabungkan Inggris ke India dan Bangladesh, Myanmar, Kepulauan Andaman/Nicobar, Thailand, Malaysia, Laos, Kamboja, Vietnam, Yunnan dan Guangxi Zhuang Cina Selatan.

Comments

Popular posts from this blog

Marga Sitorus

Marga Sitorus menelurkan orang-orang yang hebat di antaranya Dr. Raja Sutan D.L. Sitorus (pengusaha sekaligus pendiri Partai Peduli Rakyat Nasional) dan H. Khairuddinsyah Sitorus,SE (Bupati Labuhan Batu Utara). Secara etnografis, marga Sitorus merupakan marga Batak. Bagaimana riwayat Marga Sitorus ini?

Marga Siregar

Suku/marga Siregar merupakan marga yang mendominasi wilayah Angkola, Sipirok dan Padang Lawas. Siregar dipercaya adalah kula Batak varna Ksatria dari JATI CHANDRAWANGSA (Dinasti Bulan) gotra LONTUNG.

Marga Pulungan

Pada prinsipnya ada empat marga di tanah Mandailing. Di antara keempat marga tersebut, marga Pulungan merupakan marga yang pertama mendiami tanah Mandailing, disusul Rangkuti, Lubis dan Nasution.Beberapa kelompok marga lain, yakni Batubara dan Rambe datang lebih belakangan.

Antara Minangkabau dan Melayu

* Sebuah Hipotesis Etnografis * Masyarakat yang mendiami perbatasan Riau dengan Sumatera Barat memiliki budaya yang hampir sama dengan masyarakat Sumatera Barat. Bahasa yang digunakan sama-sama berujung ‘o, ek, eh dan sebagainya yang kalau diperbandingkan persamaan antara bahasa Melayu mereka dengan bahasa Melayu Riau/Johor lebih jauh dibandingkan persamaan dengan bahasa Minangkabau.

Share Like