Skip to main content

Nama-Nama Tokoh dari Gunung Talamau Pasaman

Gunung Talamau terletak di Pasaman, merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat dengan ketinggian 2.982 mdpl. Dari puncak gunung ini, selain dapat melihat 13 telaga di bawahnya, kalau cerah juga dapat melihat gunung-gunung lain di Sumatera Barat, yakni Gunung Talang, Gunung Marapi dan Gunung Singgalang. Tetapi ada yang menarik, selain emas yang menyebabkan gunung ini disebut Gunung Ophir Sumatera, nama-nama alam di sekitar Gunung Talamau unik.

Nama-Nama Telaga

Ada 13 telaga di Gunung Talamau. Ke-13 telaga tersebut kebanyakan diberi nama dari tokoh-tokoh legendaris.

Telaga-telaga tersebut adalah :
  1. Talago Biru
  2. Talago Buluh Perindu
  3. Talago Cindua Mato
  4. Talago Imbang Langik
  5. Talago Lumuik
  6. Talago Mande Rubiah
  7. Talago Puti Bungsu
  8. Talago Puti Sangkak Bulan
  9. Talago Rajo Dewa
  10. Talago Satwa
  11. Talago Siuntung Sudah
  12. Talago Tapian Puti Mambang Surau
  13. Talago Tapian Sutan Bagindo

Nama-nama lain

Beberapa kenampakan alam lain di Talamau juga diberi nama tokoh legendaris.
Di antaranya :
  1. Air Terjun Puti Lenggo Geni
  2. Gunung Pasaman alias Puncak Rajo Imbang Langik

Comments

Popular posts from this blog

Marga Pulungan

Pada prinsipnya ada empat marga di tanah Mandailing. Di antara keempat marga tersebut, marga Pulungan merupakan marga yang pertama mendiami tanah Mandailing, disusul Rangkuti, Lubis dan Nasution.Beberapa kelompok marga lain, yakni Batubara dan Rambe datang lebih belakangan.

Tiga Leluhur Amerika

Siapa penemu benua Amerika, sudah lumrah orang menjawab Columbus. Padahal, pada saat Amerika ditemukan, sudah ada penduduk asli Amerika yang menurut penggolongan rasial yang masih berlaku umum, tergolong kepada ras Mongoloid, subras Mongoloid. Subras ini dikatakan bermigrasi ke Amerika melalui tanah Beringia 15.000 tahun yang lalu pada saat Amerika Utara dan Asia masih bersatu dalam daratan es. Benarkah?

Rumpun Bahasa Batang Hari Hilir

Tempat asal Melayu dan Sriwijaya senantiasa diperdebatkan. Palembang, Jambi dan Riau adalah tiga daerah yang selalu disebut-sebut. Jambi, konon merupakan pusat Kerajaan Melayu Tua dan kemudian Dharmasyraya.Sebagai daerah bekas pusat Melayu, bagaimana bahasa Melayu di Jambi?

Share Like