Skip to main content

Asal Usul Kata Panai atau Pane

Panai adalah salah satu suku yang dominan di bagian selatan Sumatera Barat, yakni Silungkang, Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan dan selain itu terdapat juga di Lima Puluh dan Tanah Datar.Nama Panai juga terpakai pada marga yakni marga Pane pada masyarakat Toba, Padang Lawas dan Simalungun. Sebagai kesatuan politik, pernah dipakai sebagai nama Kerajaan dan kesultanan dan secara geografis administratif dipakai sebagai nama tempat dan kota. Dari mana asal kata panai.

Panai dan Api

Kata panai berkemungkinan berarti api.Kata ini diperkirakan berasal dari vahni dalam bahasa sanskerta yang bermakna api dan sinonim dengan kata agni. Agni merupakan salah satu dewa dalam agama Hindu. Dewa ini merupakan putra dari Dewa Dyaus Pita (Dyeus=Dewa Langit Proto Indo eropa, Zeus Pater = Yunani, Jupiter = Latin) dan Dewi Pertiwi (Dewi Bumi). Agnivanshi atau vahni vanshi merupakan salah satu wangsa ksatria utama di Hindu selain Suryavanshi, Chandravanshi, Indravanshi dan Nagavanshi.

Panai, Panas dan Paneh

Kata panas bukanlah kata asli Austronesia. Kata yang dianggap asli adalah hangat (angek) sebagai lawan sejuk. Kata ini diindonesiakan dari paneh, yang memang telah menjadi sinonim dari hangat, yakni situasi yang diciptakan api/vahni berlawanan dengan sejuk yang diciptakan udra=air/vayu=angin.

Pannai dalam bahasa Tamil

Dalam bahasa Tamil, pannai berarti :perkebunan,bertani,tanah beserta rumah-rumah pertanian,tanah milik bangsawan

Pallawa dan Persia

Pemujaan terhadap api bersumber dari bangsa Persia. Agnivanshi adalah klan ksatria ketiga yang lahir setelah Suryavanshi (Yavana/Yunani) dan Chandravansha (Jina/Budhis) runtuh.Di Sumatera, keberadaan kerajaan-kerajaan Hindu sangat terkait dengan tiga kerajaan populer Tamil (Chola = Surya, Pandya = Chandra, dan Kera/Chera =Agni). Klan yang mengklaim dirinya keturunan api adalah Vanniyar atau Palli. Menurut mereka, leluhur mereka Rudra Vanniya Maharaja (Vira-Vanniyan) adalah ksatria yang lahir dari pemujaan terhadap api. Vanniyar adalah penguasa dari bagian utara Srilanka yang disebut Vannimai atau Vanni-Nadu. Meskipun Pallava mengaku sebagai persatuan antara brahmin ashvattama dengan putri Naga, sejarahwan meyakini bahwa dinasti ini berasal dari utara India yang mengawini putri Dinasti Andra dan mempribumikan diri di Tamil sebagai Tondaiyar dari negeri Tondai.

Asal Usul Penguasa Panai

Penguasa Panai dapat diperkirakan berasal usul dari salah satu dari tiga kerajaan berikut :
  1. Pallawa - sebagaimana Kedah dan Pasai yang diperkirakan wangsa Pallawa sementara Panai adalah tritunggal sebelum penaklukan Chola yakni Kadaram - Melayu Tua - Panai
  2. Vanniyar - Hubungan yang terjalin erat antara kota Kottar di ujung selatan India berseberangan dengan Vannimai di utara Srilanka dengan Barus memungkinkan Panai merupakan salah satu negeri yang dibangun klan Vanniyar. Kemungkinan ini sedikit tipis karena Vannimai baru bangkit sekira abad 12 M, sementara Panai bersama Kadaram telah eksis di abad 9 M
  3. Kera - Penguasa pantai Mandala Tamil ini memiliki peluang besar untuk berhubungan dengan Asia Tenggara sebagaimana Pandyan dan Chola

Comments

Popular posts from this blog

Marga Sitorus

Marga Sitorus menelurkan orang-orang yang hebat di antaranya Dr. Raja Sutan D.L. Sitorus (pengusaha sekaligus pendiri Partai Peduli Rakyat Nasional) dan H. Khairuddinsyah Sitorus,SE (Bupati Labuhan Batu Utara). Secara etnografis, marga Sitorus merupakan marga Batak. Bagaimana riwayat Marga Sitorus ini?

Marga Siregar

Suku/marga Siregar merupakan marga yang mendominasi wilayah Angkola, Sipirok dan Padang Lawas. Siregar dipercaya adalah kula Batak varna Ksatria dari JATI CHANDRAWANGSA (Dinasti Bulan) gotra LONTUNG.

Marga Pulungan

Pada prinsipnya ada empat marga di tanah Mandailing. Di antara keempat marga tersebut, marga Pulungan merupakan marga yang pertama mendiami tanah Mandailing, disusul Rangkuti, Lubis dan Nasution.Beberapa kelompok marga lain, yakni Batubara dan Rambe datang lebih belakangan.

Kerajaan Batas

Pada saat Portugis menguasai Malaka, ada dua kerajaan yang beribukota Pane, yakni Aru dan Batas. Kerajaan Batas tidak pernah terpublikasi, keduanya selalu dikaitkan dengan Aru.

Share Like